Tips Menyimpan Santan agar Awet dan Tidak Mudah Basi

Gemar masak dengan sajian berbahan santan? Rasa gurih menjadi alasan mengapa sajian dari santan selalu banyak diminati. Sayangnya santan jika tidak disimpan dengan baik akan menyebabkan cepat basi. Tentu kamu tidak ingin makanan yang kamu buat rasanya tidak enak karena santannya basi, bukan?

Nah, kamu tidak perlu panik berikut ini adalah cara untuk menyimpan santan agar awet dan tidak mudah basi. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pastikan Santan Dibuat dengan Higienis

Agar santan tahan lama, pastikan pembuatannya pun dengan cara yang benar dan bersih. Buat santan dari kelapa yang sudah dikupas kulitnya, jangan biarkan kulit arinya digunakan. Parut, lalu peras menggunakan air hangat. Cara ini akan membuat santan lebih tahan lama penyimpannya.

Panaskan dengan Tepat

Jika kamu mendapati santan yang kamu buat sisa banyak, simpan dengan baik. Pastikan untuk mendidihkan santan tanpa menutupnya. Angkat lalu hilangkan uapnya sebelum menyimpannya dalam kemasan. Simpan dalam kulkas.

Bekukan

Metode ini cocok buat kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang banyak, simpan santan dalam freezer dan bekukan. Kamu dapat menggunakan santan yang kamu buat nanti. Metode ini akan membantu santan yang kamu buat tahan lama. Kamu cukup mencairkannya dan menghangatkan santan yang sudah beku lalu digunakan untuk memasak.

Demikian 3 cara untuk menyimpan santan agar tahan lama dan tidak cepat basi. Semoga bermanfaat dan selamat masak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *